Beranda » Penyakit » Apa Saja Penyebab Batuk Berdahak Kental Seperti Jelly?

Apa Saja Penyebab Batuk Berdahak Kental Seperti Jelly?

Ada beberapa penyebab batuk berdahak kental. Penyakit paru-paru kronis adalah penyebab paling umum.

Beberapa orang mungkin juga rentan terhadap infeksi bakteri, dan kondisi lain dapat menghasilkan dahak berwarna coklat atau hijau. Namun, tidak selalu perlu mencari perhatian medis untuk kondisi ini.

Infeksi virus atau alergi bisa menjadi sumber dahak Anda. Beberapa penyebab batuk berdahak kental adalah bakteri atau virus.

Gejala infeksi saluran pernapasan atas karena virus biasanya disertai dengan dahak berwarna putih atau kuning. Sementara infeksi virus dapat diobati di rumah dengan antibiotik, kasus yang parah mungkin memerlukan perawatan medis yang lebih agresif.

Jika dahak berwarna tar, jelly, atau berwarna arang, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Bagi Anda yang memiliki dahak bening atau kuning, kemungkinan besar penyebabnya adalah infeksi.

Jenis infeksi tidak dapat ditentukan berdasarkan warna lendir Anda, jadi sebaiknya cari bantuan medis. Penyedia perawatan primer akan menanyakan gejala dan meresepkan perawatan yang tepat.

Beberapa penyebab umum dari dahak kental meliputi: paparan asap, beberapa makanan, dan obat-obatan tertentu. Ada berbagai penyebab dahak kental.

Penyebab paling umum adalah saluran pernapasan bagian atas atau infeksi saluran pernapasan. Dalam beberapa kasus, dahak dapat dikaitkan dengan gejala lain, seperti nyeri tubuh atau demam.

Meskipun batuk berdahak bukanlah kondisi yang mengancam jiwa, itu bisa menjadi tanda penyakit serius. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, yang terbaik adalah mencari perhatian medis segera.

Tinggalkan komentar