Beranda » Kesehatan » Kapan Masa Jendela HIV Berakhir?

Kapan Masa Jendela HIV Berakhir?

Pertanyaannya, kapan masa jendela HIV berakhir?, apakah itu berulang. Pertanyaan pertama mengacu pada periode waktu antara paparan awal terhadap HIV dan deteksi penyakit yang dapat diandalkan melalui tes HIV.

Untuk tes berbasis antibodi, periode jendela adalah antara satu dan 18 hari setelah individu tertular virus. Periode jendela ini bisa lebih lama.

Jika seseorang baru saja tertular HIV, hasil tesnya bisa negatif. Namun, hasil tes positif akan terjadi sekitar akhir bulan pertama setelah infeksi.

Pertanyaan pertama berkaitan dengan kapan periode jendela dimulai dan berakhir. Seseorang dapat terinfeksi HIV kapan saja, bahkan sebelum gejala dimulai.

Selama waktu ini, tes HIV seringkali negatif, tetapi infeksi masih dapat menyebar ke orang lain. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk melakukan tes HIV adalah sebelum infeksi pertama.

Jika Anda terinfeksi selama periode ini, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan tes lagi setelah periode jendela berakhir. Selama periode jendela, tes HIV mungkin tidak muncul, tetapi masih sangat akurat.

Untuk alasan ini, penting untuk melakukan tes HIV sesegera mungkin setelah terpapar. Penting juga untuk menyadari tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran virus.

Jika Anda positif selama waktu ini, Anda harus segera mencari perawatan medis. Ketika Anda terinfeksi, penting untuk mengikuti tindakan pencegahan yang tepat.